Alat Pernapasan pada Manusia

Agar proses pernapasan pada manusia dapat berlangsung, diperlukan alat-alat pernapasan. Alat Pernapasan pada Manusia terdiri atas hidung (ataupun mulut), faring, laring, trakea, bronkus, dan paru-paru (Gambar di bawah). Alat-alat pernapasan itu menyusun suatu sistem pernapasan atau sistem respirasi.

alat pernapasan pada manusia

Alat Pernapasan pada Manusia

A. Hidung

Hidung adalah organ pernapasan yang paling luar sehingga merupakan alat pernapasan pada manusia pertama yang dilalui udara. Selain melalui hidung, bernapas juga dapat dilakukan melalui mulut. Bernapas melalui mulut berguna terutama pada saat Anda memerlukan oksigen yang lebih banyak setelah berolahraga. Akan tetapi, secara umum bernapas melalui hidung jauh lebih baik.

Hal itu disebabkan di dalam rongga hidung, udara pernapasan mendapat tiga perlakuan, yaitu penyesuaian suhu, penyesuaian kelembapan, dan penyaringan dari partikel-partikel debu. Semua itu dilakukan oleh selaput lendir (membran mukosa) dan rambut-rambut kecil yang terdapat di dalam rongga hidung.

Ketika masuk ke lubang hidung, udara melewati rongga di dalam hidung. yang dibatasi oleh membran mukosa. Membran mukosa menyekresi mukus (lendir) yang lengket dan berfungsi untuk menangkap debu atau partikel-partikel lain agar tidak sampai ke paru-paru. Di dalam rongga hidung juga terdapat pembuluh-pembuluh darah untuk menghangatkan udara yang masuk. Udara yang bersih, hangat, dan lembap itu, kemudian menuju bagian teratas faring dalam perjalanannya menuju paru-paru. Pada bagian teratas rongga hidung terdapat sarafkhusus, disebut saraf olfaktori, yang memungkinkan kita mencium bau-bauan yang terbawa oleh udara.

B. Faring

Udara yang berasal dari rongga hidung selanjutnya masuk ke faring. Faring adalah percabangan dua saluran, yaitu tenggorok (nasofaring) yang merupakan saluran pernapasan, terletak di bagian depan, serta kerongkongan (esofagus) yang merupakan saluran pencernaan, terletak di bagian belakang. Pada bagian bawah faring terdapat laring.

C. Laring 

Laring adalah kotak suara yang terletak di pangkal tenggorok (di bawah faring). Laring tersusun atas tulang rawan yang berupa lempengan dan membentuk struktur jakun. Di atas laring terdapat katup (disebut epiglotis) yang akan menutup jika kita minum atau menelan makanan. Katup itu berguna untuk mencegah makanan atau air masuk ke saluran pernapasan. Saat udara dari hidung melewati laring menuju tenggorok, anak tekak akan melipat dan bertemu dengan epiglotis (katup pangkal tenggorok) sehingga jalan ke tenggorok terbuka.

D. Trakea

Dari laring, udara pernapasan akan diteruskan ke dalam trakea atau batang tenggorok. Trakea berbentuk tabung memanjang yang tersusun atas 20 tulang rawan berbentuk gelang atau cincin yang kuat, tetapi fleksibel. Gelang-gelang atau cincin-cincin tulang rawan itu mencegah trakea terlipat ke dalam. Panjang pendek trakea sebanding dengan panjang pendek leher. Pada orang dewasa, panjang trakea sekitar 11 cm dengan diameter 2 cm.

Pada bagian belakang trakea terdapat satu lapis otot yang dapat menarik cincin-cincin tulang rawan secara bersama-sama jika ada benda asing yang akan masuk ke saluran pernapasan. Hal itu akan mencegah benda asing masuk ke jalan udara. Dinding sebelah dalam trakea dilapisi oleh lendir yang dihasilkan oleh sel-sel epitel. Sel-sel epitel yang melapisi permukaan dalam trakea tersebut memiliki silia yang akan bergerak saat ada partikel asing, misalnya debu, yang masuk ke tenggorok. Akibatnya, kita akan terbatuk atau tersedak sehingga partikel asing tersebut akan terlontar ke luar.

E. Bronkus

Ujung trakea bercabang menjadi dua buah cabang batang tenggorok yang disebut bronkus (jamak: bronki). Kedua cabang tersebut, masing-masing masuk ke dalam paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Di dalam paru-paru, tiap bronkus membentuk cabang-cabang, disebut bronkiolus (jamak: bronkioli), yang menuju tiap lobus pada paru-paru. Bronkiolus bercabang-cabang lagi membentuk pembuluh-pembuluh halus yang akan masuk ke dalam alveolus (jamak: alveoli) atau gelembung paru-paru. Percabangan bronkiolus itu membentuk suatu sistem yang terlihat seperti pohon terbalik (lihat Gambar di bawah).

Bronkus bagian dari Alat Pernapasan pada Manusia

F. Pulmo (Paru-Paru) 

Manusia memiliki sepasang paru-paru yang terletak di dalam rongga dada, yaitu di sebelah kanan dan kiri jantung, serta dilindungi oleh tulang-tulang rusuk yang membentuk semacam sangkar. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir (lobus), sedangkan paru-paru kiri memiliki dua gelambir.

Bagian luar paru-paru diselubungi oleh dua selaput pelindung yang disebut pleura. Selaput terdalam (pleura parietal) melekat pada paru-paru dan selaput terluar (pleura visera) melekat pada bagian dalam tulang-tulang rusuk. Ruang di antara dua selaput itu (rongga pleural) berisi cairan yang membantu paru-paru bergerak di dalam sangkar tulang rusuk selama proses pernapasan.

Paru-paru merupakan tempat pertukaran gas pada proses pernapasan. Pertukaran gas tersebut terjadi pada bagian paru-paru yang disebut alveolus (jamak: alveoli). Alveolus adalah gelembung-gelembung halus dan berdinding tipis sehingga memudahkan oksigen dan karbon dioksida berdifusi (Gambar di bawah). Jumlah alveolus pada orang dewasa mencapai sekitar 700 juta untuk setiap paru-paru sehingga memperluas permukaan untuk pertukaran gas menjadi sekitar 100—150 m2 (lebih kurang sama dengan ukuran sebuah lapangan tenis). Oksigen yang terdapat dalam udara pernapasan berdifusi masuk melewati dinding alveolus, kemudian masuk ke dalam kapiler darah. Selanjutnya, oksigen akan dibawa darah menuju iantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh melalui arteri. Sebaliknva, sisa-sisa pembakaran yang berupa karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O) akan berdifusi keluar dari kapiler menuju ke dalam alveolus untuk selanjutnva dikeluarkan kita mengembuskan napas.

Pertukaran Gas O2 dan CO2 di paru-paru, Alat Pernapasan pada Manusia

Demikian tulisan mengenai Alat Pernapasan pada Manusia. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelaajah Dunia BIOLOGI Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *