Ciri – Ciri Protista

Kali ini akan dibahas mengenai Ciri – Ciri Protista. Namun sebelumnya mungkin ada yang bertanya, apa itu protista? Kata Protista berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos = pertama/ mula-mula, dan kristos = menyusun/ membuat. Kingdom Protista merupakan kingdom yang terdiri atas organisme eukariota yang masih sangat sederhana. Meskipun demikian, jika dibandingkan dengan bakteri [silahkan baca: bakteri], Protista sudah jauh lebih maju karena sel- selnya sudah memiliki membran inti sel sehingga termasuk organisme eukariota.

Protista diperkirakan mulai ada di bumi sekitar 1—2 miliar tahun yang lalu, sebelum adanya organisme tingkat tinggi. Organisme Protista membuat bingung para ahli taksonomi karena ada yang mirip hewan, ada yang mirip tumbuhan, dan ada yang mirip jamur. Untuk menampung organisme-organisme tersebut, dibuatlah kingdom baru, yaitu kingdom Protista. Bagaimanakah ciri – ciri Protista?

Ilustrasi Ciri - ciri Protista

Sebagian besar anggota kingdom Protista merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler), beberapa membentuk koloni, dan hanya sedikit yang bersel banyak (multiseluler). Hampir semua Protista merupakan organisme akuatik, baik di air tawar maupun di air laut, dan beberapa jenis hidup di dalam jaringan organisme lain. Meskipun begitu, ada juga yang hidup di tanah lembap. Anggota Protista sudah menunjukkan adanya organisasi sel, pola pembelahan sel, dan siklus hidup yang bervariasi. Beberapa jenis Protista merupakan organisme fotoautotrof dan beberapa jenis lainnya merupakan organisme heterotrof. Pada beberapa jenis Protista, kebutuhan makanannya bergantung pada keadaan; pada saat ada cahaya mereka merupakan organisme fotoautotrof, tetapi pada saat gelap mereka merupakan organisme heterotrof.

Ciri – Ciri Protista lainnya bisa dilihat dari cara reproduksinya. Protista bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dilakukan dengan cara pembelahan biner, sedangkan reproduksi seksual dilakukan dengan cara isogami, anisogami, dan oogami. Isogami merupakan perkawinan atau persatuan dua gamet motil (dapat bergerak) yang sama bentuk dan ukurannya. Anisogami adalah perkawinan atau persatuan dua gamet motil yang berbeda bentuk dan ukurannya; gamet betina lebih besar daripada gamet jantan. Adapun oogami adalah perkawinan antara gamet jantan kecil yang motil dan gamet betina besar yang immotil (tidak dapat bergerak). Berdasarkan kemiripan ciri-cirinya dengan hewan, tumbuhan, atau jamur, beberapa ahli membagi Protista menjadi tiga subkingdom, yaitu Protista mirip hewan (Protozoa), Protista mirip tumbuhan (ganggang/ alga), dan Protista mirip jamur.

Demikian tulisan mengenai ciri – ciri protista. Terima kasih.

Sumber:

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelajah Dunia BIOLOGI 1 Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *