Rangkuman Eubacteria dan Archaebacteria

Eubacteria dan Archaebacteria – Apakah yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar kata bakteri? Mungkin pikiran Anda langsung tertuju pada penyakit. Anda tidak sepenuhnya salah karena memang selama ini bakteri dikenal sebagai penyebab penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan. Namun, reputasi bakteri tidaklah seburuk itu. la juga dapat memberi manfaat pada manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan.

Nah, kali ini akan kita bahas mengenai bakteri (Eubacteria dan Archaebacteria), namun hanya rangkumannya saja yang super singkat. Jika Anda perlu pembahasan lebih jauh, silahkan kunjungi link yang sudah disisipkan berikut ini.

Ilustrasi Rangkuman Eubacteria dan Archaebacteria

Rangkuman Eubacteria dan Archaebacteria

  1. Prokariota adalah kumpulan organisme yang bahan inti selnya belum dilapisi membran.
  2. Organisme prokariota digolongkan dalam superkingdom (dominan) Eubacteria dan Archaebacteria.
  3. Eubacteria berbeda dari Archaebacteria dalam hal penyusun dinding sel dan membran sel, susunan RNA ribosom, dan habitatnya.
  4. Bakteri dapat ditemukan di berbagai tempat, di tanah, air, udara, maupun di dalam tubuh organisme lain.
  5. Ciri umum bakteri adalah uniseluler, prokariota, berukuran beberapa mikron, umumnya tidak dapat berfotosintesis, dan dinding selnya berupa peptidoglikan.
  6. Ada tiga bentuk dasar bakteri, yaitu bulat, batang, lengkung, serta dapat berkelompok membentuk susunan tertentu. [Baca selengkapnya di: bakteri]
  7. Bagian sel yang terdapat pada semua sel bakteri adalah inti, sitoplasma, membran sel, dinding sel, ribosom, mesosom. [Baca selengkapnya di: struktur bakteri]
  8. Beberapa jenis bakteri memiliki bagian sel khusus, misalnya endospora, flagelum, pili, plasmid, dan kapsul.
  9. Kapsul dan endospora digunakan untuk pertahanan terhadap kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan.
  10. Berdasarkan cara memperoleh makanannya, bakteri dibedakan menjadi bakteri autotrof dan bakteri heterotrof. Berdasarkan sumber energinya, bakteri autotrof dibedakan menjadi fotoautotrof dan kemoautotrof.  [Baca selengkapnya di: klasifikasi bakteri]
  11. Bakteri tertentu dapat berfotosintesis karena memiliki pigmen bakterioklorofil dan bakteriopurpurin.
  12. Berdasarkan kebutuhan oksigennya, bakteri dibedakan menjadi bakteri aerob, anaerob, dan mikroaerofil.
  13. Bakteri memiliki suhu pertumbuhan yang bermacam-macam. Berdasarkan hal tersebut, dikenal ada bakteri psikrofil, mesofil, termofil, dan hipertermofil.
  14. Berdasarkan hubungan evolusinya, bakteri dibedakan menjadi 12 filum. Empat di antaranya adalah Proteobacteria, bakteri Gram positif, Spirocheta, dan Cyanobacteria (ganggang biru).
  15. Bakteri banyak yang bermanfaat bagi manusia karena dapat digunakan pada bidang industri, pangan, farmasi, pertanian, lingkungan, dan pertambangan. [Baca selengkapnya di: peranan bakteri dalam kehidupan manusia]
  16. Bakteri merugikan manusia karena dapat merusak bahan pangan dan menimbulkan penyakit (patogen).
  17. Bakteri bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner dan secara seksual dengan konjugasi.
  18. Berdasarkan fisiologinya, Archaebacteria diklasifikasikan menjadi metanogen, ekstrem halofil, dan termoasidofil. [Baca selengkapnya di: archaebacteria]
  19. Metanogen adalah kelompok Archaebacteria yang mampu menghasilkan gas metana (CH4) dari karbon dioksida (CO2) dan hidrogen Secara alami, metanogen hidup di kubangan rawa, tempat pembuangan limbah, dan di saluran pencernaan hewan serta manusia.
  20. Ekstrem halofil adalah kelompok Archaebacteria yang hidup di lingkungan alami berkadar garam tinggi. Beberapa jenis dapat melakukan fotosintesis karena memiliki pigmen bakteriorodopsin.
  21. Termoasidofil merupakan kelompok Archaebacteria yang hidup di lingkungan bersuhu sangat tinggi (80 — 110oC), ber-pH rendah, dan mengandung sulfur.

Demikian rangkuman Eubacteria dan Archaebacteria. Terima kasih.

Sumber:

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelajah Dunia BIOLOGI 1 Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *