Upaya Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan – Selama ini, aktivitas manusia (dengan bermacam-macam cara) telah menimbulkan banyak kerusakan dan pencemaran lingkungan. Bahkan para ahli ekologi memperkirakan bahwa kita akan makin banyak membuat kerusakan dan pencemaran lingkungan yang tidak dapat diperbaiki. Itu bukan berarti kita tidak ingin memiliki lingkungan yang bersih, indah, dan sehat. Meskipun begitu, kita tidak dapat menghentikan dalam sekejap semua aktivitas yang menimbulkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kerusakan dan pencemaran lingkungan?

Dewasa ini, kesadaran manusia untuk memiliki lingkungan yang bersih, indah, dan sehat makin tinggi. Memang, manusia terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraannya, tetapi itu bukan berarti manusia dapat seenaknya merusak dan mencemari lingkungan tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan serta hak-hak generasi mendatang.

Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Pada dasarnya, ada tiga cara yang dapat dilakukan manusia untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran serta untuk melestarikan lingkungan (penanggulangan pencemaran lingkungan), yaitu secara administratif, secara teknologis, dan secara edukatif/pendidikan.

1. Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Secara Administratif

Upaya ini umumnya dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam bentuk undang-undang dan peraturan-peraturan untuk mencegah pencemaran lingkungan serta eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Sebagai contoh, setiap pabrik diwajibkan mengolah limbahnya hingga menjadi bentuk yang tidak membahayakan sebelum mengeluarkannya ke lingkungan. Contoh lainnya, setiap pembangunan suatu pabrik atau proyek harus didahului dengan melakukan analisis mengenai dampak lingkungan atau disingkat Amdal.

2. Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Secara Teknologis

Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis dapat dilakukan, misalnya dengan mengadakan unit pengolah limbah untuk mengolah limbah, terutama limbah cair industri, sebelum dibuang ke lingkungan (sungai). Hal itu dilakukan limbah tersebut tidak mencemari lingkungan, khususnya lingkungan perairan. [baca: pencemaran air] Tujuan pengolahan limbah modern adalah mengubah air yang kaya akan bahan-bahan organik dan ion-ion ammonium menjadi air yang bersih.

3. Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Secara Edukatif/ Pendidikan

Penanggulangan pencemaran lingkungan secara edukatif/ pendidikan dilakukan melalui berbagai kegiatan penyuluhan masyarakat dan kampanye mengenai pentingnya lingkungan yang bersih, indah, sehat, dan lestari. Pendidikan mengenai kesadaran berlingkungan juga dapat diberikan di sekolah-sekolah yang terintegrasi dalam ilmu-ilmu lainnya. Pendidikan mengenai pencegahan pencemaran dan pelestarian lingkungan juga dapat dimulai dari lingkungan keluarga dengan cara mengajarkan anggota keluarga, terutama anak, untuk tidak membuang sampah sembarangan atau menggunakan secara berulang kali kertas, tas plastik, dan kaleng sebelum dibuang sebagai sampah. [baca juga: pencemaran tanah]

Demikian tulisan mengenai Penanggulangan Pencemaran Lingkungan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber:

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelajah Dunia BIOLOGI 1 Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *