Penelitian dengan Metode Observasi

Tidak semua penelitian untuk menemukan konsep biologi menggunakan metode eksperimen atau percobaan. Ada metode lain yang dapat digunakan, yaitu metode observasi. Metode observasi dapat dilakukan dengan atau tanpa variabel bebas. Pada metode observasi, peneliti tidak mengontrol secara ketat variabel-variabel pengganggu seperti pada metode eksperimen. [baca juga: metode eksperimen]

1. Metode Observasi dengan Variabel Bebas

Suatu contoh observasi biologi yang menggunakan variabel bebas adalah studi observasi tentang ukuran bunga tanaman Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu) pada beberapa tempat dengan ketinggian berbeda.

Dari judul di atas dapat kita ketahui bahwa tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran bunga tanaman kembang sepatu. Secara garis besar yang akan kita lakukan tentunya memilih beberapa tanaman kembang sepatu yang hidup pada berbagai ketinggian, misalnya 0 m, 500 m, 1.000 m, 1.500 m, dan 2.000 m di atas permukaan laut. Ketinggian tempat merupakan variabel bebas, sedangkan ukuran bunga (diukur diameter dan panjang mahkotanya) merupakan variabel terikat atau variabel respons. Agar hasil yang kita peroleh meyakinkan, yaitu ukuran bunga tersebut adalah karena pengaruh ketinggian tempat bukan karena pengaruh faktor yang lain, dalam melakukan observasi ini harus diperhatikan beberapa hal, antara lain sebagai berikut.

  • Varietas kembang sepatu harus dipilih yang sama karena varietas yang berbeda memiliki ukuran bunga yang berbeda pula.
  • Dipilih tanaman yang tidak berada di bawah naungan untuk menghindari pengaruh naungan terhadap ukuran bunga.
  • Yang diukur adalah bunga yang sedang mekar sempurna agar perbedaan yang ada tidak disebabkan karena usia mekarnya bunga yang tidak sama.
  • Ukuran tanaman (tinggi tanaman) dipilih yang kira-kira sama.
  • Di setiap ketinggian tempat, dipilih beberapa tanaman sebagai ulangan, misalnya 5 tanaman (5 ulangan) untuk meyakinkan hasil observasi.
  • Perlu juga dicatat suhu dan kelembapan udara, kadar air, kesuburan tanah, serta faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh terhadap ukuran bunga.

Contoh hasil observasi terlihat pada Tabel berikut ini.

tabel hasil observasi pada pembahasan Metode Observasi
Tabel. Hasil observasi ukuran bunga tanaman Hibiscus rosasinensis (Kembang sepatu), pada beberapa tempat dengan ketinggian berbeda
diagram batang hasil observasi pada pembahasan Metode Observasi
Gambar. Diagram batang hasil observasi ukuran bunga tanaman Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu) pada beberapa tempat dengan ketinggian berbeda.

2. Metode Observasi Tanpa Variabel Bebas

Berikut ini adalah contoh observasi biologi tanpa variabel bebas, misalnya observasi tentang karakteristik perilaku induk kucing persia dalam memelihara anaknya. Dalam penelitian ini tidak ada variabel bebas yang memengaruhi induk kucing dalam mengasuh anaknya. Agar hasil observasi meyakinkan, diperlukan pengamatan terhadap sejumlah induk kucing persia yang sedang mempunyai anak dalam kondisi yang sama sebagai ulangan. Data hasil pengamatannya disajikan dalam bentuk tabel dan diagram (Gambar di bawah).

Tabel karakteristik perilaku pada pembahasan Metode Observasi
Tabel. Karakteristik perilaku induk kucing Persia dalam memlihara anaknya
Diagram lingkaran pada pembahasan Metode Observasi
Gambar. Diagram lingkaran (diagram venn) karakteristik perilaku induk kucing persia dalam memlihara anaknya.

Demikianlah tulisan mengenai Metode Observasi. Terima kasih.

Sumber:

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelajah Dunia BIOLOGI 1 Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *