Udara Pernapasan

Tahukah Anda seberapa besar kemampuan paru-paru Anda dalam menampung udara pernapasan? Meskipun daya tampung paru-paru setiap orang berbeda-beda, dalam keadaan normal, paru-paru orang dewasa rata-rata dapat menampung udara sebanyak 4,5—6 liter atau 4.500—6.000 cc.

Udara pernapasan

Volume dan kapasitas paru-paru pada setiap orang berbeda-beda, bergantung pada beberapa faktor, misalnya jenis kelamin, usia, postur tubuh, kebiasaan merokok, kebiasaan berolahraga, ketinggian daerah tempat tinggal, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Peter Reed (atlet olimpiade dayung) tercatat sebagai orang yang memiliki kapasitas paru-paru total terbesar, yaitu 1 1,68 liter. Volume dan kapasitas paru-paru dapat diukur dengan menggunakan alat spirometer. Spirometer ditemukan oleh John Hutchinson pada tahun 1846.

Udara pernapasan
Gambar Spirogram volume dan kapasitas paru-paru
  • Volume tidal (VT) adalah volume udara yang masuk atau keluar dari paru-paru selama pernapasan (ventilasi) normal. Volume tidal pada laki-laki dewasa yang sehat sekitar 500 mL, sedangkan wanita sekitar 380 mL.
  • Volume cadangan inspirasi (VCI) adalah volume udara ekstra yang masuk ke paru-paru dengan inspirasi maksimum di atas inspirasi tidal. Volume cadangan inspirasi pada laki-laki dewasa yang sehat sekitar 3.100 mL, sedangkan wanita sekitar 1.900 mL.
  • Volume cadangan ekspirasi (VCE) adalah volume udara ekstra yang dapat dikeluarkan dengan kuat pada akhir ekspirasi tidal. Volume cadangan ekspirasi (VCE) pada orang dewasa sehat laki-laki sekitar 1.200 mL, sedangkan wanita sekitar 800 ml.
  • Volume residu (VR), yaitu volume udara sisa dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi kuat. Volume residu penting untuk kelangsungan aerasi dalam darah pada saat jeda pernapasan. Volume residu pada laki-laki dewasa sekitar 1.200 mL, sedangkan pada wanita sekitar 1.000 mL.
  • Kapasitas residu fungsional (KRF) adalah jumlah udara sisa dalam sistem respirasi setelah ekspirasi normal, atau sama dengan volume residu ditambah volume cadangan ekspirasi (KRF = VR + VCE). Kapasitas residu fungsional pada laki-laki dewasa sekitar 2.400 mL, sedangkan pada wanita sekitar 1.800 mL.
  • Kapasitas inspirasi (KI) adalah jumlah udara maksimal yang dapat diinspirasikan setelah melakukan ekspirasi normal, atau sama dengan volume tidal ditambah volume cadangan inspirasi (KI = VT + VCI). Kapasitas inspirasi pada laki-laki dewasa sekitar 3600 mL, sedangkan pada wanita sekitar 2.400 mL.
  • Kapasitas vital (KV) adalah jumlah udara maksimal yang dapat dikeluarkan dengan kuat setelah’ inspirasi maksimum, atau sama dengan penambahan volume tidal, volume cadangan inspirasi, dan volume cadangan ekspirasi (KV = VT + VCI + VCE). Kapasitas vital pada laki-laki dewasa sekitar 4800 mL, sedangkan pada wanita sekitar 3.100 mL.
  • Kapasitas total paru-paru (KTP) adalah jumlah total udara yang dapat ditampung dalam paru-paru, atau sama dengan kapasitas vital ditambah volume residu (KTP = KV + VR). Kapasitas total paru-paru pada laki-laki dewasa sekitar 6.000 mL, sedangkan pada wanita dewasa 4.200 mL.
  • Volume respirasi per menit adalah volume tidal dikalikan dengan jumlah pernapasan per menit.
  • Volume ekspirasi kuat dalam satu detik (VEK1) atau ekspirasi paksa dalam satu detik adalah volume udara yang dapat dikeluarkan dari paru-paru yang terinflasi maksimum, pada saat detik pertama ekspirasi maksimum. VEK1 sekitar 80% KV.

Dengan demikian, banyaknya udara yang digunakan dalam proses pernapasan berkisar antara 0,5-3,5 liter. Dari jumlah itu, hanya sekitar 0,35 liter udara yang dapat mencapai alveolus karena sebagian harus mengisi saluran-saluran pernapasan, seperti trakea, bronkus, dan bronkiolus. [baca juga: Alat Pernapasan pada Manusia] Perlu diingat lagi bahwa besar kecilnya volume udara pernapasan tersebut sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain usia, berat badan, jenis aktivitas, kebiasaan bernapas, ataupun kondisi kesehatan seseorang. Kapasitas paru-paru anak kecil tentu saja lebih kecil daripada orang dewasa. Kapasitas paru-paru dapat diukur dengan alat yang disebut spirometer.

Demikian penjelasan mengenai udara pernapasan. Semoga bermanfaat

Sumber:

Irnaningtyas.(2014).Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Erlangga:Jakarta.

Pujiyanto, Sri.(2012). Menjelaajah Dunia BIOLOGI Untuk kelas X SMA dan MA. Platinum: Solo

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *